dua hal penting bagi rumah anda

Dua Hal Penting bagi Rumah Urban Anda: Udara dan Cahaya

Saat anda memutuskan untuk merancang rumah anda, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kriteria mengenai rumah sehat. Sekecil atau sesederhana apapun rumah yang anda rencanakan, hal ini wajib dilakukan mengingat rumah adalah ruang bermukim. Anda akan banyak menghabiskan waktu anda di lingkungan rumah. Dengan demikian faktor kesehatan sebuah rumah akan sangat berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Tulisan rumahdaribambu kali ini akan membahas mengenai dua hal penting bagi rumah anda: udara dan cahaya.

 

Udara

Pemanfaatan aliran udara atau lebih sering dikenal dengan istilah penghawaan alami, sudah sejak masa lampau diterapkan pada bangunan. Karya arsitektur pada beberapa periode telah menunjukkan penerapan penghawaan alami sebagai elemen penting pada sebuah bangunan.

dua hal penting bagi rumah anda
House in a desert in Tunisia (Source: Annatwell-Group , pixabay)

Prinsip penghawaan alami sendiri cukup sederhana. Selain memanfaatkan perbedaan temperatur antar ruang, penghawaan alami juga muncul sebagai konsekuensi adanya angin dan perbedaan tekanan udara. Beberapa ciri penghawaan alami yang baik antara lain: aliran udara alami dapat mengalir ke seluruh ruangan di dalam rumah dengan baik (cross-ventilation), selain mengalir secara horisontal udara juga mengalir vertikal (udara panas terbuang ke atas di gantikan udara sejuk), kelembaban udara dalam ruang terjaga (tidak mudah muncul jamur di dinding atau lemari).

Tiga pendekatan yang paling sering dipakai dalam merencanakan penghawaan alami menurut Emmerich et.al (2001) terbagi ke dalam tiga jenis: a) pendekatan penghawaan alami dengan pemanfaatan angin (wind-driven cross ventilation), b) pendekatan penghawaan alami dengan mengeksploitasi perbedaan kepadatan udara (buoyancy-driven stack ventilation), dan c) penghawaan alami pada satu sisi bangunan (single sided ventilation).[1]

Untuk memudahkan memahami upaya penerapan tiga pendekatan tersebut di lapangan, sebagai contoh saya tampilkan beberapa gambar bukaan untuk penghawaan alami (sekaligus pencahayaan alami) di salah satu bangunan rumah tinggal yang saya rancang.

dua hal penting bagi rumah anda