Ruang Tamu Mungil Bernuansa Bambu

Pernahkah anda mendengar mengenai anjuran untuk memuliakan tamu? Ya, memuliakan tamu merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan dalam agama. Dengan memuliakan tamu, sebenarnya kita juga sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri. Nah, salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk memuliakan tamu adalah dengan menjaga ruang tamu kita agar tetap bersih dan menarik!

Meskipun ruang tamu di rumah kita adalah ruang tamu yang cukup mungil, hal ini tidak berarti kita tak dapat membuatnya menjadi jauh lebih menarik.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat ruang tamu mungil kita menjadi lebih menarik adalah dengan menghadirkan nuansa bambu di ruang tamu kita.

Bambu sebagaimana yang telah kita ketahui merupakan material yang mudah didapatkan di Indonesia. Selain mudah didapat, harga bambu pun cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan kayu. Memang secara keawetan dan kesan yang dihasilkan kayu lebih awet dan kukuh serta menimbulkan kesan lebih mewah. Namun demikian, secara lingkungan bambu lebih sustainable dibandingkan kayu karena bambu lebih mudah tumbuh dan panen dalam waktu jauh lebih pendek.

ruang tamu mungil
Dekorasi bambu (Sumber: www.4ingo.com)

Pemanfaatan material bambu untuk mempercantik nuansa ruang tamu dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan bambu sebagai elemen dekoratif. Sebagaimana foto di atas, bambu pada ruang tamu tersebut dimanfaatkan sebagai pemanis ruangan dengan memasang bilah bambu secara teratur – vertikal pada dinding yang berwarna putih. Hal ini tentu saja menimbulkan kesan menarik antara dinding putih dengan finishing halus yang dikombinasikan dengan bilah bambu yang terlihat lebih rough dan terlihat natural.

Selain sebagai elemen dekoratif, anda dapat memasang lantai bambu laminasi pada ruang tamu anda. Bambu laminasi dapat anda gunakan sebagai pengganti lantai kayu/parket yang biasanya lebih mahal. Namuin demikian, anda harus lebih berhati-hati dan merawat lantai bambu anda dengan seksama mengingat bahan bambu memiliki perbedaan dengan lantai parket.

Apabila anda memasang lantai dari bambu laminasi (baik serat veritikal maupun horisontal) anda perlu memastikan agar lantai tidak selalu bersih dari air/cukup kering. Selain itu pada saat pemasangan anda juga perlu memastikan bahwa pemasangan lantai bambu laminasi cukup rapih sehingga meminimalisir terjadinya lengkungan pada lantai akibat pemuaian.

Artikel Terkait:  Cari Tanah atau Beli Tanah di Jakarta dan Sekitarnya, Paling Murah Ada Di Sini

ruang tamu mungil
Plyboo strand bamboo flooring (Sumber: plyboo.com)
Please follow and like us:
News Reporter
Pegawe nyambi, pemerhati arsitektur, stock fotografer, dan linuxer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!