Ide Desain dan Gambar Taman Minimalis Bambu

Taman merupakan salah satu bagian dari rumah yang mungkin memiliki fungsi yang sedikit lebih khusus dibandingkan ruang-ruang lainnya dalam suatu rumah. Pada umumnya, taman melayani fungsi estetis dan rekreatif bagi penghuni rumah. Kali ini, rumahdaribambu.com ingin merangkum beberapa contoh ide desain dan gambar taman minimalis bambu untuk pembaca semua.

Mengapa bambu? Bambu mungkin bukan merupakan salah satu jenis tanaman favorit yang dimanfaatkan untuk mempercantik taman rumah anda. Namun siapa sangka bambu memiliki potensi untuk menjadi salah satu elemen taman yang menarik.

Salah satu negara yang banyak memanfaatkan bambu sebagai elemen pembentuk taman di dalam rumah adalah negara Jepang. Taman bergaya “Zen” yang minimalis dan hening rupanya sangat pas dan cocok jika digabungkan dengan bambu.

Taman bergaya Zen biasanya menggunakan beberapa elemen utama seperti pasir atau kerikil, air yang mengalir, pohon bambu, dan pancuran air yang terbuat dari bambu atau batu.

Gabungan antara karakter visual taman zen yang minimalis dengan suara gemerisik daun bambu maupun gemericik air dan butir pasir bisa menghadirkan atmosfer dan suasana rumah yang menyejukkan.

Nah, berikut ini beberapa contoh ide desain dan gambar taman minimalis yang memanfaatkan dan mengombinasikan elemen bambu di dalamnya yang dikompilasi dari berbagai sumber.

Contoh Gambar Taman Minimalis Bambu

1. Taman Arashiyama Jepang – Siapa yang tidak mengenal Taman Bambu “Arashiyama” di Kyoto, Jepang. Taman minimalis yang menampilkan bambu dan jalan setapak kecil sebagai elemen utamanya ini tampil ‘bold’ dan memiliki karakter yang kuat.

Tentunya kebersihan juga merupakan salah satu hal penting yang mampu menghadirkan kesan dan spatial ambience yang kuat.

Sebagaimana kita pahami bahwa bambu merupakan tanaman yang akan banyak menghasilkan ‘sampah’ berupa daun bambu yang berguguran, maka kita harus rajin-rajin dalam membersihkan taman yang menggunakan tanaman bambu sebagai elemen utamanya.

ide desain dan gambar taman minimalis bambu
Taman Bambu Arashiyama Jepang (Sumber: mkitina4 – pixabay.com)

2. Sebuah taman bambu di Jepang – Foto karya saponifier di pixabay.com ini menggambarkan sebuah taman bambu di Jepang. Terlihat dengan jelas penggunaan elemen bambu sebagai center of interest di bagian taman ini.

Artikel Terkait:  Cari Tanah atau Beli Tanah di Jakarta dan Sekitarnya, Paling Murah Ada Di Sini

Bambu yang dipakai disini adalah bambu dengan jenis batang bambu dan daun bambu yang kecil, sehingga lebih mudah dalam pemeliharaannya.

Elemen lain seperti kerikil, jalan setapak kecil, serta pagar dan handrail dengan warna mencolok memberikan aksentuasi yang cukup menarik di taman ini.

Sebuah taman bambu di jepang (Sumber: saponifier – pixabay.com)

3. Ide pagar taman dari kumpulan batang bambu – Gambar berikut ini adalah contoh bagaimana orang jepang yang kreatif dan memiliki perhatian yang besar pada detail dan kerapihan menggunakan batang bambu untuk membuat pagar pada taman.

Tidak seperti di kebanyakan kampung atau desa di Indonesia yang menggunakan batang bambu berukuran agak besar atau bambu belah untuk dijadikan pagar, dalam foto karya jackmac34 di pixabay.com ini terlihat pagar terbuat dari batang bambu yang kecil yang disatukan seperti sapu dengan tali ijuk.

Contoh ide pagar taman dari bambu yang diikat ijuk (Sumber: jackmac34 – pixabay.com)

4. Deck kayu di tengah taman bambu – Biasanya, batang bambu tumbuh dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk berjalan atau sirkulasi. Hal ini karena batang bambu umum tumbuh bergerombol sebagaimana rumput-rumputan.

Namun, ada cara untuk mengatasi hal ini. Membuat ruang yang dapat dimanfaatkan sebagai jalan setapak kecil bisa membuat taman bambu lebih mudah untuk ditata dan dinikmati.

Penambahan elemen batu atau dek kayu sebagai perkerasan pada jalan setapak yang telah dibuat tersebut akan menambah daya tarik taman bambu.

Selain itu, hal ini akan meningkatkan keamanan ketika kita melintas di tengah rimbunan bambu mengingat terkadang terdapat hewan-hewan yang cukup berbahaya seperti ular atau serangga berbahaya lainnya.

Deck kayu di tengah taman bambu (Sumber: aeforia – pixabay.com)

5. Memasang elemen bunyi-bunyian dari bambu – Memasang windhanger dari bambu bisa menjadi salah satu ide membuat taman minimalis bambu di rumah anda.

Windhanger akan membuat ambience di taman anda lebih terasa natural dan memiliki efek menenangkan.

Bunyi-bunyian ritmis yang keluar dari windhanger yang mengikuti hembusan angin akan membuat anda dan keluarga menyenangi tinggal di rumah dan menikmati siang yang sejuk di taman rumah anda

Windhanger (Sumber: Dimhou – pixabay.com)

Demikian beberapa ide desain dan gambar taman minimalis bambu yang dapat anda coba praktekkan di taman rumah anda.

Artikel Terkait:  Pilihan Model Handle Pintu Minimalis Paling Lengkap

Beberapa tips memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun beberapa tips hanya memerlukan biaya sedikit, tergantung kreatifitas kita dalam menggabungkan elemen yang ada.

Semoga bermanfaat! 🙂

News Reporter
Pegawe nyambi, pemerhati arsitektur, stock fotografer, dan linuxer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!